Pengalaman Ikut Ujian SKD CPNS! Ini RAHASIANYA !!!!

 


    Oke, setelah cerita tentang pengalaman saya mengikuti ujian CPNS hingga lulus yang sebelumnya pernah saya bahas disesi blog ini.  Ujian SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar merupakan salah satu ujian yang harus dilalui oleh para peserta seleksi untuk melanjutkan ke seleksi tahap selanjutnya. Kita semua sudah mengetahui ujian ini merupakan ujian yang bisa dibilang semua orang tahu dan semua bisa mempelajarinya, namun yang harus sama-sama ketahui adalah seleksi SKD merupakan kunci dari seleksi di tahap berikutnya. Bisa jadi dengan nilai SKD yang tinggi bisa menunjang kelulusan kita di tes selanjutnya, dan hal ini memang terbukti berdasarkan pengalaman yang saya alami. 

    Soal didalam ujian SKD (jika tidak berubah) terbagi ke dalam 3 bagian yaitu TIU, TWK, dan TKP. kita bahas satu persatu secara ringkas padat dan bisa jadi jelas, yaitu : 

1. TIU (Tes Intelegensia Umum) 

    Tes ini menguji tentang wawasan umum yang kita miliki selama ini, mulai dari soal matematika, bahasa indonesia, dan Psikotes. dalam sesi ini banyak soal-soal yang sudah lama kita pelajari dan pasti kawan-kawan semua samar-samar masih ingat dengan soal yang diberikan pada bagian ini. tips sebelum menghadapi soal ini adalah mengulang banyak soal-soal pelajaran sekolah dahulu terutama matematika, bahasa indonesia dan materi psikotes yang bisa diakses secara online, saat ini banyak web-web yang menyediakan tes ini secara umum. Selain itu awali dengan mengerjakan soal yang paling mudah dahulu agar waktu yang digunakan untuk mengerjakan soal lain dapat di gunakan secara efektif. 

2. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

    Seperti namanya, pada bagian ini kita diuji dengan soal-soal tentang wawasan kebangsaan. biasanya soal ini erat kaitannya dengan materi pendidikan kewarganegaraan yang telah kita pelajari di bangku sekolah dahulu, mulai dari materi tentang pancasila, kedudukan warga negara, bela negara dll. Dalam menghadapi soal ini diharapkan kita untuk selalu teliti dalam memabaca isi soal terutama jika berkaitan dengan undang-undang. persiapkan materi-materi dengan matang, karena pada sesi ini kemampuan kita dalam mengingat sangat dibutuhkan. 

3. TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 

    Tes ini merupakan langganan dalam setiap seleksi memasuki dunia kerja, tentu ada tujuan dibalik di lakukannya tes ini. namun yang paling penting adalah bagaimana cara kita menghadapi soal dalam bagian ini. pada bagian ini dibutuhkan fokus yang agak lebih untuk memahami setiap butir soal, karena jawaban yang kita pilih akan berpengaruh pada nilai yang kita dapatkan. tidak ada jawaban benar atau salah pada bagian ini namun setiap jawaban memiliki nilai nya masing-masing, maka ketelitian dan pemahaman terhadap soal sangat penting di bagian ini. Kita perlu berlatih dengan bank soal yang cukup sebelum mengikuti tes ini. 

    Jadi seluruh sesi tes seleksi CPNS yang nantinya akan dihadapi harus dengan persiapan yang matang, bukan hanya dengan modal nekat. karena kelulusan hanya dimiliki oleh orang-orang yang telah mempersiapkan tes ini jauh-jauh hari sebelumnya. meskipun materi yang kita pelajari belum tentu masuk dalam tes tersebut, namun dengan adanya latihan dan pembelajaran akan meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi soal-soal yang harus kita jawab nantinya. Kepercayaan diri juga salah satu modal yang tidak kalah penting untuk menghadapi tes ini, karena dengannya kita akan dapat berfikir lebih terang dan lancar dalam memberikan jawaban. 

Terakhir, terus pantau website-website yang memberikan informasi tentang seleksi CPNS supaya bisa menjadi materi tambahan dalam mempersiapkan tes yang akan kita hadapi. Tetap berusaha karena setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya.

0 Comments:

Post a Comment