Pengalaman Tes CPNS Daerah (Mau Gak Mau Harus Lulus !!!)


 

Semenjak lulus kuliah saya sudah konsisten ikut meramaikan ajang seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, terhitung sejak tahun 2018 hingga saya lulus sudah tiga kali saya mengikuti kontestasi pelamar Aparatur Sipil Negara. Mulai dari Seleksi CPNS Kementerian hingga didaerah, meskipun semenjak lulus kuliah saya sudah bekerja di perusahaan multinasional, namun PNS masih jadi idaman setiap orang termasuk saya sendiri. 

Tes CPNS terakhir yang saya ikuti pada tahun 2021, dan alhamdulillah saya lulus menempati salah satu formasi yang dibuka di instansi Pemerintah Daerah. Banyak lika-liku perjuangan yang saya hadapi dalam menjalani tes CPNS ini, yang mungkin ingin saya bagikan kepada para pembaca yang mungkin juga berminat untuk ikut tes seleksi CASN yang akan dibuka ditahun-tahun mendatang. 

samar-samar saya ingat ketika formasi CPNS tahun 2021 dibuka, ya.. tidak terlalu antusias, karena ini kali ketiga saya mengikuti tes ini. saat itu sekitar bulan juni atau juli pembukaan CPNS dibuka serentak secara nasional. waktu yang saya tunggu-tunggu akhirnya tiba 😊, tentu seluruh berkas sudah saya persiapkan jadi semuanya hanya tinggal upload-upload saja. Formasi yang saya pilih tentu linear dengan jurusan pendidikan yang saya milik, salah satu jurusan yang memiliki lulusan paling banyak namun biasanya formasi yang dibuka tidak terlalu banyak , jurusan dengan gelar "SE.". Benar saja, di setiap instansi daerah yang menerima formasi tersebut paling banyak menerima 2 orang saja. Akhirnya dengan strategi yang sangat efektif dan penuh pertimbangan saya memilih salah satu instansi daerah yang menerima 1 orang saja, 

Pilihan ini sebenarnya dipilih dengan penuh ke ikhlasan hati, karena waktu itu disemua formasi meskipun 2 orang yang diterima tapi yang daftar banyaaak. ditambah motto tahun ini mau tidak mau harus lulus PNS, akhirnya pilihan jatuh di formasi saya yang sekarang. di tahun 2021 jumlah pelamar tidak dibuka namun sempat beberapa kali entah karena kesalahan sistem atau memang sengaja, jumlah pelamar sempat ditampilkan sebentar. Dengan penuh optimisme saya melamar di formasi ini meskipun 1 orang yang melamar saat itu masih 10 orang. saya yakin bisa lulus, ditambah persiapan saya selama ini, mengikuti kelas daring, membaca beberapa buku materi seleksi dan latihan soal yang sudah tidak saya hitung kembali. 

Tiba di hari ujian, seperti biasanya dikurangi seleksi administrasi selanjutnya adalah Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Dengan percaya diri saya mengikuti ujian ini, oiya setelah pengumuman seleksi administrasi ternyata yang mengkuti ujian SKD sekitar 80-100 an orang saya lupa pastinya. ujian berlangsung selama 100 menit dengan jumlah soal 110, dan komposisi yang masih sama setiap tahunnya kalian bisa search digoogle. Sebelum memulai ujian saya sempatkan membaca do'a dan bershalawat hingga menekan tombol mulai. Beberapa soal yang saya pelajari tidak sama persis namun mirip, keluar di soal SKD tahun ini, tentu dengan sangat hati-hati saya mengerjakannya. soal deret angka membintangi soal di bidangnya, saat itu waktu tersisa sekita 20 menit saya sudah selesai mengerjakan seluruh soal. namun saya mengecek kembali jawaban, ada beberapa jawaban yang saya ubah. ketika selesai layar komputer menunjukkan nilai SKD saya adalah 400, saya masih menerka-nerka apa ada orang lain yang nilainya diatas saya ketika itu. Ternyata untuk sesi saat itu nilai saya adalah nilai tertinggi diatas sebagian saingan saya hari itu saja. 

Tiba waktunya pengumuman ujian SKD, di formasi saya menempati posisi kedua dengan nilai diatas saya kala itu adalah 419 poin. karena formasi yang diterima 1 orang, maka yang melanjutkan ujian SKB ada 3 orang dan nilai pada posisi ketiga kala itu adalah 395 poin. Jarak waktu antara menuju ujian SKB agak lama, sekitar 3 bulanan. masih ada waktu untuk saya mempersiapkan diri untuk mempelajari materi ujian pada formasi saya itu. Saya belajar dengan membaca kembali materi-materi lama selama perkuliahan yang kebetulan sekali formasi ini sangat sesuai dengan bidang studi saya, dan mencari soal-soal tahun sebelumnya yang sesuai dengan formasi ini. Setiap hari saya sempatkan untuk belajar, terkadang saat refreshing kepantai saya sempatkan untuk membawa buku pelajaran saya. Karena saya yakin tidak ada yang namanya tiba-tiba semua butuh proses. 

sampai lah pada masa ujian SKB, ujian terakhir penentu kelulusan kami. ujian terakhir ini diadakan di instansi daerah asal, sebenarnya SKD juga. Sekilas info, untuk menuju instansi daerah yang saya pilih jaraknya lumaya jauh dari ibu kota provinsi, mendaki gunung lewati lembah, menyusuri lautan, hingga sampai ke daerah tersebut. Namun saya tidak patah semangat, hal ini saya jadikan tantangan. selama perjalanan saya selalu bershalawat dalam hati, karena sesuai keyakinan dan saya yakin bahwa dengan bershalawat apapun yang kita inginkan pasti dikabulkan. Tidak jauh berbeda seperti ujian SKD sebelumnya ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) juga ditempat dan menggunakan komputer yang sama, hanya jumlah soal ada 100. entah rezeki saya atau apa, sebagian besar materi yang saya pelajari keluar pada ujian tahun ini. ditambah materi yang saya pelajari selama kuliah dulu juga keluar pada soal ujian SKB. Namun saya mengisi semua jawaban dengan sangat hati-hati. Saya selesaikan seluruh soal ujian hari itu, dan mendapatkan nilai 356, namun entah kenapa hari itu saya agak sedikit pesimis. 

selang sehari atau dua hari, pengumuman nilai SKB di umumkan di Web BKPSDM daerah. saya tidak menyangka saya menempati posisi pertama pada ujian SKB kala itu, tidak lupa saya mengucapkan puji syukur saya kepada Allah, dan berterimakasih kepada semua yang telah mendoakan saya. Namun, kembali saya belum yakin kalau saya lulus, jadi dengan teknik belajar dari youtube saya menghitung nilai komulatif dari seluruh ujian, dan benar saya masih diperingkat pertama. Jangan lupa hanya 1 orang yang diterima. berikutnya sambil menunggu pengumuman kelulusan yang resmi saya menyiapkan berkas yang biasanya diminta untuk pendaftaran ulang. 

Sekian pengalaman saya mengikuti tes CPNS Formasi tahun 2021 semoga bermanfaat bagi semua pembaca, mungkin dilain waktu tergantung situasi dan kondisi saya ingin memberikan sedikit pembahasan dan trik untuk lulus tes CPNS. Terimakasih. 

   

2 comments: