Rutinitas Job Seeker (Pencari Kerja)


 Mencari pekerjaan bukan lah hal yang mudah, banyak rintangan yang harus dilewati sebelumnya mulai dari A-Z. Dalam dunia pencari kerja ada istilah "lebih susah mencari kerja, daripada bekerja terus terusan", ungkapan ini tidak lain untuk memberikan pengertian bahwa setiap orang yang sudah mendapat pekerjaan agar lebih bersyukur dengan pekerjaan yang dimilikinya sekarang. saya ingin membagikan pengalaman saya ketika mencari pekerjaan diberbagai perusahan, lebih tepatnya aktivitas saya mulai dari bangun pagi sampai tidur kembali dimalam harinya. 

1. Bangun Tidur

"Kesuksesan dimulai dari mimpi" terdengar tidak asing bukan, ? , ya benar... tapi untuk mewujudkan mimpi tersebut kita harus bangun terlebih dahulu. Sadari bahwa terus bermimpi bukanlah hal yang baik untuk dilakukan kita perlu membuat rencana, eksekusi dan menikmati hasil yang telah kita usahakan selama ini. ketika masa pencarian dahulu saya selalu bermimpi untuk bekerja di perusahaan besar, menjadi seorang Banker, dan kemudian ingin mengabdi kepada negara, meski memang mimpi terindah saya adalah jika saya dimasa depan bisa menjadi presiden. saya mulai membuat listing perusahaan yang ingin saya lamar selama satu bulan penuh. untuk list nama-nama perusahaan dan alamatnya bisa dicari di google. 

2. Cek Aplikasi Penyedia Informasi Lowongan Pekerjaan

Selain mengirimkan lamaran ke perusahaan target kamu, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah terus memeriksa aplikasi atau media yang menyediakan informasi terkait lapangan pekerjaan di daerah kamu. Biasanya tersedia di instagram, facebook, jobstreet, linkedin dan masih banyak lagi, maksudnya adalah kamu harus aktif di dunia maya. sekarang ini informasi tidak melulu harus disampaikan melalui lisan atau media cetak banya sarana untuk mendapatkan informasi pada saat ini. masih segar dalam ingatan saya perusahaan pertama yang memanggil saya untuk wawancara adalah hasil dari melamar di aplikasi jobstreet. Jangan pernah putus asa untuk mencoba. 

3. Dapat Undangan Seleksi 

Saya selalu berfikir bahwa dari sekian banyak perusahaan yang ada di Indonesia, tidak mungkin tidak ada perusahaan yang menginginkan saya untuk bekerja di tempat mereka, meskipun tidak semua saya selalu yakinkan dari dalam diri saya minimal satu pasti ada yang menerima saya. setelah melempar banyak lamaran pekerjaan di berbagai perusahaan, satu persatu saya memetik hasilnya. panggilan seleksi dan interview datang dari berbagai perusahaan. Tidak lupa sebelum waktu seleksi tersebut saya selalu mempersiapkan diri membaca pengalaman dari orang-orang yang pernah diterima di tempat tersebut, tips dan trik interview, dll. intinya kita harus mempersiapkan diri sebelum kita bertemu dengan rekruter nantinya. 

4. Hasil Selekasi 

Setelah mendapat notif panggilan tersebut tentu ada hasil yang ditunggu-tunggu, hanya ada dua hasil; lolos dan tidak lolos. jadi kita harus persiapkan mental kita untuk segala kemungkinan tersebut. Jika lolos kita harus persiapkan dokumen apa yang harus dilengkapi selanjutnya, waktu masuk kerja, negosiasi gaji dan hal lain yang dianggap perlu. Jika tidak lolos, tentu kita harus kembali apply lamaran pekerjaan kembali. 

Sekian pengalaman yang dapat saya bagika, mungkin ada sedikit tips didalamnya. Semoga bermanfaat, 


Sumber: Penulis

2 comments: